Klub Baca Bandung di Hard Rock FM

image

Malam kemarin saya diundang oleh Hard Rock FM untuk sharing tentang Klub Baca Bandung dengan tema komunitas. Bersama dengan istri, saya akhirnya sampai tepat setengah delapan malam dan bertemu dengan kang Refa yang bertindak sebagai produser acara tersebut. Salah satu yang menyenangkan dari malam itu adalah karena sebenarnya saya sendiri tidak pernah mendapatkan kesempatan main ke sebuah radio swasta dan hal ini menjadi pengalaman pertama. Bertemu dengan orang-orang dari radio ternyata menarik, dan tentu saja mereka adalah orang-orang yang mudah berinteraksi dengan orang lain. Acara di mulai jam 20.00 dan di sana saya bercerita bagaimana asal muasal Klub Baca Bandung terbentuk, berangkat dari kesamaan hobi membaca buku dan didukun oleh penerbit Bentang Pustaka, teman-teman Akademi Bercrrita menjadi peserta pertama acara kami perdana dengan membaca buku “The 100 Year Old Man Who Climbed Out Of The Window and Dissapeared” tanggal 1 Maret 2015.
Acara malam itu dipandu oleh dua orang penyiar yang cukup senior yaitu Dody 3D dan Nia. Salah satu hal yang membuat saya takjub adalah betapa para penyiar ini begitu spontan dan menguasai dunianya. Dari momen yang hening sembari bermain telepon genggam kemudian mendadak menjadi seseorang yang bisa bercerita banyak hal melalui mikenya.
Sesi tanya jawab yang berlangsung juga menarik terutama ketika kami membahas tentang beberapa karya tulis seperti buku yang kemudian diangkat dalam layar lebar. Seperti yang sudah-sudah, kami juga mengungkapkan betapa jarang sekali ada buku yang berhasil ketika menjadi film. Dari sini kami pun sempat menyebutkan sebuah buku yang dianggap kurang berhasil belakangan ini.
Sesuatu yang menarik terjadi saat disuruh untuk mempraktekkan cara membaca Read Out Loud sebuah karya tulis antara saya dan Ika yang cukup berbeda. Hal inilah kemudian yang menjadi daya tarik orang untuk ikutan Klub Baca Bandung. Dengan berbagai pengalaman membaca dan genre buku yang diminati, seseorang pasti unik ketika membaca secara Read Out Loud.
Akhirnya jam menunjukkan pukul 21.00 dan kami harus menyudahi acara dan pengalaman yang menarik itu, terima kasih kami pada Hard Rock FM Bandung yang sudah mengundang dan memberikan perhatian pada komunitas kami yang mungil ini. Saya lantas menyadari bahwa dukungan sekecil apapun bisa berharga bagi kemajuan dalam usaha untuk meningkatkan kembali minat baca kaum muda di Bandung. Mari!

Salam.

Leave a comment