Read Out Loud

Hari Minggu esok, Klub Baca Bandung akan melangsungkan agenda pertama di bulan April. Dengan mengundang penulisnya lagi, Rhein Fathia yang kali ini hadir dengan karya barunya berjudul Gloomy Gift.

Saya kemudian berandai-andai jika kelak komunitas kecil dan iseng-iseng ini lantas menjadi komunitas yang cukup produktif dalam berkarya (karena saat ini ada beberapa penulis aktif yang ikut kegitaan kami) dan mampu menularkan semangat menulis dan berbagi cerita dengan peserta lain dengan hobi yang sama. Itu baru satu hal, kesamaan visi dan kesenangan berkarya. Dari satu hal itu saja, banyak sekali yang bisa dibangun, dikembangkan dan disebarluaskan lagi. Tidak hanya di satu kota, Bandung, Jogja atau Magelang di mana di kota-kota itulah Klub Baca sudah hadir untuk menyebarkan “virus” membaca.

Kemudian dalam hal kegiatan membaca bersama ini saya jadi selalu ingat dulu ketika masih di sekolah dasar, saya senang sekali dengan kegiatan Read Out Loud seperti yang kini dilakukan di Klub Baca. Ketika guru di depan kelas menyuruh kita membaca satu-dua paragraf dalam sebuah buku, memanggil nama saya dan saya membaca dengan keras agar seisi kelas mendengar apa yang saya baca. Ada semacam perasaan senang, bangga dan kebutuhan untuk bisa membaca dengan baik sehingga pendengar mendapatkan kesan setelah pembacaan tersebut. Saya rasa hal inilah yang membuat Klub Baca menjadi sebuah komunitas yang unik.

Karena itu saat ini muncullah komunitas-komunitas yang menggunakan ide read out loud ini sebagai agenda mereka. Ini adalah sesuatu yang menarik bagi mereka yang ingin berkarya, didengar dan diperhatikan. Kita tidak bisa beranggapan bahwa seorang pembaca buku yang tekun, juga adalah seorang pembaca yang baik ketika diminta membacakan keras-keras. Dan inilah yang membuat ternyata read out loud juga menarik untuk dilakukan.

Jadi di sebuah cafe mungil dan sejuk di daerah Dago, Minggu ini, akan ada sekumpulan muda-mudi yang membaca buku bersama. Mengundang salah satu penulis Bentang Pustaka, Rhein Fathia. Tak lupa ada door prize dan bazar buku mini dari Mizan Media Utama.

Let’s read out loud!

Salam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s